psikologi UMUM I part III ♥

finally! ini materi terakhir psikologi UMUM I buat UTS. fiuh! gak dari ini aja masih banyak rangkuman catatan yang gak sanggup ku tulis.tapi aku harap rangkuman catatan kuliah ini berguna bagi nusa dan bangsa (lebe yah?)

selamat mebaca
METODOLOGI PENYELIDIKAN DALAM PSIKOLOGI
  •  Observasi adalah pengamatan langsung para pembuat keputusan berikut, lingkungan fisik atau pengamatan langsung dari suatu kejadian yang sedang berjalan.bertujuan Mengamati individu secara langsung..Situasi dalam Observasi :
1. Bebas : Asli (objek tidak menyadari sedang diobservasi).
2. Dibuat : Manipulasi (pengamat telah sengaja membuat/menambahkan kondisi kondisi tertentu).
3. Campuran : Gabungan dari kedua situasi di atas.Pada metode observasi, usia objek tidak ditentukan (bebas).
  • Interview atau wawancara adalah metode penelitian dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan secara lisan dan face to face.Teknik Interview / Wawancara Bebas,Wawancara Terarah,Wawancara Terbuka,Wawancara Tertutup
  • Metode biografi adalah studi tentang individu tentang pengalamannya yang ditulis kembali dengan mengumpulkan dokumen-dokumen atau arsip-arsip.Tujuannya Menguraikan,menerangkan tentang kehidupan seseorang. 4 macam metode biografi :
1. Berdasarkan persoalan yang dibahas.
  •  Politik : dari sudut pandang politik
  • Intelektual : dari hasil riset dan penulisannya ilmiah
  • Jurnalistik/Sastra : dari hasil wawancara
2. Berdasarkan Isinya.
  • Pengalaman karir : menceritakan perjalanan karir seseorang hingga mencapai sukses.
  • Pengalaman hidup : menceritakan tentang pengalaman hidup seseorang.
3. Berdasarkan penerbitnya.
  • Subsidi : diterbitkan dan dibiayai oleh sponsor.
  • Sendiri : diterbitkan dan dibiayai diri sendiri.
4. Berdasarkan dari sisi penulisnya.
  • Auto-biografi : menulis diri sendiri (seperti menulis diary yang dibukukan). Kelemahannya mementingkan subjektivitas, terlalu melebih-lebihkan diri sendiri. Dapat diatasi dengan membaca dan memahami biografi-biografi dari penulis lain.
  • Biografi : yang ditulis oleh orang lain. Biografi terbagi menjadi 2 yaitu :
  1. Autorized biography ialah menulis biografi berdasarkan izin dari objeknya.
  2. Un-autorized biography ialah menulis biografi tanpa izin objeknya.Misal : tokohnya sudah meninggal.
  • Metode angket adalah metode yang menggunakan daftar pertanyaan atau pernyataan yang harus dijawab subjek yan diteliti.
A. Jenis Angket
1. Langsung (langsung diberikan pada subjek yang diteliti)
2. Tidak langsung (tidak langsung diberikan pada subjek yang diteliti,misal kepada anak sd diberikan kepada gurunya).
B. Angket terdiri dari :
1. Pertanyaan
- Tertutup (pertanyaan terbatas)
- Terbuka (bisa memberi opini)
-Tertutup dan Terbuka (gabungan dari pertanyaan tertutup dan terbuka)
2. Identitas
- Anonim (tidak diketahui atau tidak ditulis nama subjek yang diteliti)
- Jelas (ada identitas atau diketahui identitas subjek yang diteliti)
  • Statistik Metode yang digunakan untuk membatasi cara-cara ilmiah untuk mengumpulkan data penelitian, menyusun data penelitian, meringkas data penelitian, dan menyajikan data penelitian.
  • Psikotest adalah suatu metode yang digunakan untuk mengukur individu secara psikis.Tujuan metode ini adalah untuk mengukur kemampuan, kepribadian, inteligensi, dan fungsi neurologis. Draw Amentest Wartegg Test EPPS (Edwards Personal Preference Schedule) Kraeplin keuntungannya Menggambarkan keadaan psikologis dari orang yang dites.
MANUSIA DAN LINGKUNGANNYA
• Manusia sebagai makhluk hidup merupakan makhluk yang paling sempurna
• Tingkah laku manusia di pengaruhi lingkungan
• Manusia di pengaruhi oleh keadaan sekitar yang terikat hukum alam, serta kemampuan yang ada dalam diri sendiri
• Tiap manusia pasti punya bakat dan kemunculan harus di stimulasi oleh lingkungan
• Dalam diri individu ada 2 faktor yang berpengaruh
1. Faktor endogen
a. Turunan/bawaan,di bawa dari kandungan
b. Sifat fisik
c. psikologis(temperamen)
i. sanguinis
Kepribadian yang menarik, punya rasa humor yang tinggi, suka menghidupkan suasana, emosional dan demonstratif, periang dan penuh semangat, serta penug rasa ingin tahu. Dalam pekerjaan, kreatif, inovatif, antusiasme, sukarelawan, mengilhami orang lain untuk bekerja. Sebagai seorang teman, mudah bergaul, mencintai orang lain, suka dipuji dan menyenangkan. Suka kegiatan spontan, merupakan figure seorang pemimpin sirkus. ( Ekstrovert – Membicara – Optimis )
ii. Phlegmatis
1. rendah hati, mudah bergaul dan santai, tenang, sabar, konsisten, simpatik dan baik hati. menyembunyikan emosi, bahagia menerima kehidupan. Dalam pekerjaan, punya kemampuan administratif, menjadi penengah masalah, menghindari konflik, baik di bawah tekanan, menemukan cara yang mudah, mudah diajak bergaul, menyenangkan, pendengar yang baik, selera humor yang menggigit, suka mengawasi orang, punya banyak teman, punya belas kasihan dan perhatian. ( Introvert – Pengamat - Pesimis )
iii. Kholeris
1. Berbakat pemimpin, dinamis dan aktif, berkemauan kuat dan tegas, tidak emosional bertindak, tidak mudah patah semangat, memancarkan keyakinan, bebas dan mandiri. Dalam pekerjaan, berorientasi target, melihat seluruh gambaran, terorganisasi dengan baik, mencari pemecahan praktis, bergerak cepat untuk bertindak, mendelegasikan pekerjaan, menekankan pada hasil, berkembang karena saingan. Orang koleris tidak terlalu perlu teman, mau bekerja untuk kegiatan, mau memimpin dan mengorganisasi, Biasanya selalu benar, Unggul dalam keadaan darurat. ( Ekstrovert – Pelaku – Optimis )
iv. melankolis
1. Filosofis dan puitis, serius dan tekun, analitis, mendalam dan penuh pikiran, menghargai keindahan, peka terhadap perasaan orang lain, idealis dan suka berkorban. Dalam pekerjaan, orang melankolis berorientasi pada jadwal, perfeksionis, punya standar yang tinggi dan rinci, tertib dan terorganisir, perlu menyelesaikan apa yang dimulai. Sebagai seorang teman, melankolis adalah orang yang setia, mau mendengar keluhan, hati-hati dalam berteman, sangat memperhatikan orang lain, terharu oleh air mata penuh belas kasihan. mencari teman hidup ideal. ( Introvert – Pemikir – Pesimis )
d. bakat : faktor yang dibawa sejak lahir berupa potensi yang berisi kemungkinan untuk berkembang ke suatu arah
2. Faktor eksogen
a. Pengalaman alam,lingkungan,pendidikan (faktor yang datang dari luar individu)
b. Pengaruh lingkungan => bersifat pasif (tidak memaksa tapi berpengaruh besar)
c. Pendidikan => bersifat aktif (langsung berpengaruh langsung pada perkembangan suatu individu ke sebuah tujuan)
• Hubungan manusia dan lingkungan
Lingkungan mempunyai peranan yang penting dalam perkembangan individu.lingkungan dapat di bedakan
1.Lingkungan fisik
Keadaan alam yang berbeda memberi pengaruh berbeda pada individu (cuaca,musim,suku)
2.Lingkungan sosial
Keadaan masyarakat memberi pengaruh pada perkembangan individu

• Sikap sikap individu terhadap lingkungan
o Individu menolak lingkungan
o Individu menerima lingkungan
o Individu bersikap netral

MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA
• Faktor-faktor yang berpengaruh pada perkembangan adalah faktor eksogen dan endogen
• Manusia selalu berkembang dan mengalami perubahan baik psikologis dan fisiologis
• Manusia harus tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang dewasa,mandiri,tidak bergantung pada orang lain
• Pada abad pertengahan aspek moral dan agama menjadi pusat perhatian
• Aktivitas keagamaan mempengaruhi perkembangan seseorang (ke arah yang baik atau tidak)
• Pada akhir 17 (jhon locke)
o Perkembangan pendidikan yang mempengaruhi perkembangan kepribadian seseorang

Faktor yang menentukan dalam perkembangan manusia
  • Nativisme(keturunan)
o Arthur schopenhaver (1788-1860)
o Perkembangan dipengaruhi nativus(pembawaan), faktor yang dibawa individu dari lahir
o Manusia yang dilahirkan telah membawa sifat yang menentukan keadaan individu
o Bakat/pembawaan baik itu turunan/takdir
o Menurut nativisme lingkungan dan pendidikan tidak berpengaruh dalam menentukan perkembangan
o Aliran nativisme(aliran pesimistis)
o Pesimisme pedagogis : pendidikan sebagai usaha yang tak berdaya menghadapi perkembangan manusia (usaha sia-sia)
o Masyarakat yang tidak baik di singkirkan/di kucilkan tidak di beri kesempatan berkembang
o Menurut ellen key(1900)
Orang tua tidak boleh memberi aturan pada anak sekolah = membunuh jiwa anak terutama kepribadiannya\
o Roessau
Semua baik ketika dilahirkan, Turunan sebagai faktor penting terhadap isi kejiwaan seseorang dan gambaran kepribadiannya
N Empirisme
o Perkembangan manusia diperoleh dari empiris(pengalaman) termasuk pendidikan yang di peroleh selama perkembangan individu
o John locke (1632 – 1704)
 Pandangan empirisme manusia seperti kertas putih,seperti apa manusia ke depan tergantung apa yang di tuliskan / di ajarkan orang tuanya
o Yang berpengaruh mengatur rangsang dalam membentuk kepribadian kita adalah para pendidik kita (guru-orang tua,lingkungan,teman)
o Keturunan bawaan tidak berpengaruh dalam menentukan kepribadian (karena bisa di hilangkan/di tekan)
o Aliran empiris = optimis kaum behavior
o Optimis pedagogis : pendidikan merupakan usaha yang cukup mampu membentuk pribadi jadi baik dan buruk
  • Aliran konvergensi
o Perpaduan kedua tokoh
o Tokoh = Louis William Stern (1871-1938)
o Perkembangan manusia akan ditentukan oleh faktor dari lahir (endogen) maupun faktor lingkungan,pendidikan (eksogen)
Kedua faktor itu tidak mutlak menentukan pribadi atau struktur kejiwaan individu dan kedua faktor tersebut sama pentingnya

catatan mata kuliah lain segera menyusul ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar